Minggu, 03 Januari 2016

Apa Itu Google Adwords?

By Tri Mulyo   Posted at  16.33   adwords No comments


digiclassid.com - Apa Itu Google Adwords?


(google adwords)


Adwords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb. Platform periklanan Adwords adalah teman terbaik anda dalam pemasaran online (source Google Adwords)

Sedangkan menurut Wikipedia Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Nah Google Adwords sendiri ada 3 macam jenis :

1.) SEM (Search Engine Marketing)
2.) GDN (Google Display Netwok)
3.) Youtube Ads/Iklan Video Youtube


1.) SEM ( Search Engine Marketing)


(SEM : Search Engine Marketing)


Kadang-kadang Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian dan meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama lain. Mari kita lihat bagaimana Google mendefinisikan SEM (Search Engine Marketing)

“Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

Seperti yang kita lihat, SEM melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.

Nah bagi anda yang mengingkan iklan anda muncul ketika user mencari kata kunci tertentu atau kata kunci bidikan anda, anda bis menggunakan SEM ini, anda hanya akan membayar ketika user mengklik iklan anda. Ini terdengar lebih mudah dibanding anda belajar SEO (Search Engine Optimation). Yang membutuhkan banyak teknik & kesabaran dalam penerapanya.

Namun jika saya sarankan, anda perlu menggunakan keduanya. Karena keduanya sangat berhubungan erat, jika anda mengusai SEO, maka biaya PPC untuk iklan SEM anda, bisa lebih murah & mendapatkan posisi paling atas dari hasil pencarian search engine. Ini biasanya berhubungan dengan QS (Quality Score) dalam SEM. Sebagai keterangan iklan SEM ada logo "Ads" warna kuning si sebelah kiri

2.) GDN (Google Display Netwok)


(GDN : Google Display Network)




Google Display Network memungkinkan anda menampilkan iklan di jutaan situs di dunia. Lokasi ini termasuk di dalamnya situs berita seperti Kompas, Detik, viva dsb. Selain itu juga situs online games, web feeds dan video sites. Ini merupakan alat yang sangat baik untuk mencapai pelanggan di tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Ini memberikan anda eksposur di luar halaman hasil pencarian.

Google Display Network memungkinkan anda membuat iklan dalam bentuk teks, gambar dan video interaktif. Anda bisa menampilkan iklan ini di website yang relevan dengan bisnis anda. Anda bisa mengukur performa kampanye anda, mengatur budget dan meng-analisa hasilnya.

Google Display Network juga membantu anda mencapai pelanggan baru, memilih halaman atau website yang spesifik untuk menampilkan iklan anda dan terhubung dengan pelanggan melalui format iklan yang menarik. Ini memberikan pilihan untuk anda dalam melakukan penargetan.Sebagai keterangan iklan GDN ada logo "Ads by google" warna abu-abu si sebelah kanan

3.) Youtube Ads/Iklan Video Youtube


(Youtube ads)



Setiap video yang diunggah ke YouTube bisa menjadi iklan. Iklan video muncul sebelum video lain di YouTube, di samping pemutar video dan dalam hasil pencarian.

Bagi anda yang ingin menjangkau pelangggan anda di situs video youtube dengan video yang interaktif. Anda bisa mencoba iklan Youtube Ads. Anda bisa mentarget user dari demografi, geografi, interes dll. Anda hanya akan dikenakan biaya ketika user memilih menonton video iklan anda atau setelah sekitar 15 detik, iklan anda diputar. Jika SEM & GDN menggunakan CPC (Cost Per Click) berbeda dengan Youtube Ads yang menggunakan target CPV (Cost Per View). Sebagai keterangan iklan Youtube Ads sering muncul sebelum video utama diputar dan setelah 5 detik ada tombol "Skip Ads"

(Tri)



About the Author

Digiclass.
View all posts by: Digiclass

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

© 2015 Digital Class IDTri Converted by B