Senin, 11 Januari 2016

Apa Itu SEM ( Search Engine Marketing)?

By Tri Mulyo   Posted at  09.30   sem No comments

Apa Itu SEM ( Search Engine Marketing)?



SEM - Search Engine Marketing
SEM - Search Engine Marketing



Search Engine Marketing (SEM) menurut wikipedia adalah bentuk internet marketing yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di halaman hasil mesin pencari (SERP : Search Engine Result Page) terutama melalui iklan berbayar. SEM dapat menggabungkan mesin pencari optimasi (SEO), yang menyesuaikan atau penulisan ulang konten website dan arsitektur situs untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari dengan biaya PPC : Pay Per Klik.

Nah bagi anda yang ingin website anda diposisi atas Search Engine seperti Google, Bing, Yahoo dan search engine partner google yang lainya, ketika user mencari kata kunci tertentu atau kata kunci bidikan anda, anda perlu mengusai SEM ini.

Dalam hal pembuatan iklan SEM, anda disarankan juga mengetahui apa itu SEO, agar iklan anda bisa berada di posisi teratas dengan biaya klik serendah mungkin, kunci utama SEM adakah Quality Score & Ad Rank.


Iklan SEM Search Engine Marketing
Iklan SEM ( Search Engine Marketing)


Pada dasarnya Google Search memiliki tempat yang terbatas untuk menaruh slot iklan. Slot yang terbatas itulah yang diperebutkan oleh “advertiser” untuk merebut posisi teratas. Setiap orang yang mengetikkan kata pencarian (search query) di Google search, maka “advertiser” dengan kata kunci “keywords” yang relevan dengan “search query” akan bersaing. Untuk memudahkan menentukan peringkat iklan dari masing masing “advertiser”, Google menciptakan suatu metric yang dinamakan “AdRank”.

Adrank & Quality Score

Rumus AdRank secara umum adalah perkalian antara maksimum cost-per-click (CPC) yang di set di suatu keywords dengan Quality Score. Sehingga AdRank merupakan parameter utama yang dipakai Google untuk menentukan posisi iklan dari masing masing advertiser.

Quality Score sendiri merupakan suatu nilai yang diberikan oleh Google kepada masing masing keyword yang kita bid. Quality Score ini merupakan bentuk kuantitatif dari relevansi keywords, ads, landing page dan CTR (click-thruogh-rate). Tidak ada yang tahu secara pasti rumus pasti untuk Quality Score. Akan tetapi faktor faktor yang mempengaruhi Quality Score diketahui, yaitu:

Relevansi antara ads – keywords
Relevansi antara ads – keywords – landing page (kesesuaian antara apa yang orang harapkan saat mau klik iklan dengan halaman landing page)
Kelakuan pengguna semisal: CTR
Adwords Ad Extension
Kesimpulannya, AdRank sangat dipengaruhi oleh dua hal pokol yaitu jumlah maksimum bid (max CPC) dan juga Quality Score keywords kita.

Ads

Setelah kita tahu bahwa relevansi antara ads, keywords dan landing page berpengaruh terhadap Quality Score (QS) dan QS berpengaruh terhadap AdRank, maka dalam membuat ads sekiranya kita memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Ads harus relevan dengan landing page
Ads harus relevan dengan konteks keywords
Ads harus mengandung keywords
Display url disarankan mengandung keywords
Sedangkan aturan baku dalam membuat ads adalah:

Headline: 25 karakter
Description line 1: 35 karakter
Description line 2: 35 karakter
Display URL: 35 karakter


Lalu bagaimana implementasi ads yang baik? Ads ang baik mengandung informasi singkat dan relevan tentang produk atau jasa yang akan dijual. Selain itu ads juga mengandung “call-to-action” untuk meningkatkan minat orang untuk klik. Call-to-action itu biasanya ditempatkan di description line 2.

Contoh call-to-action:

Dapatkan diskon dengan code ds20%!
Buy 1 get 2, gunakan point anda!
Cashback 200k Untuk Setiap Pembelian
dan lain sebagainya…

Keywords

Selain ads, keywords juga merupakan komponen penting di SEM. Keywords adalah kata kunci yang kita anggap relevan dan kemungkinan akan diketikkan calon customer kita di search engine ketika mereka mencari informasi seputar produk kita.

Pemilihan keywords yang tepat akan sangat menentukan suksesnya iklan kita. Google sendiri menyediakan tools untuk mencari keywords yang relevan dengan “search volume yang cukup” melalui Google Keywords Planner.

Selain pemilihan keywords yang tepat, “match type” dari keywords yang dipilih juga sangat menentukan. Berikut adalah informasi seputar keywords match type di Google Adwords:

[exact match] = sama persis, yaitu semua kata dalam keywords harus sama persis
“phrase match” = sama frase, yaitu query harus mengandung frase lengkap
broad match = artinya meluas, bisa ditukar katanya dan bisa hanya mengandung salah satu katanya
+modifier = artinya akan muncul jika query mengandung kata setelah tanda “+” tanpa memperhatikan urutan
-negative = artinya keywords yang bersangkutan tidak akan muncul saat ada user yang melakukan query dengan keywords tersebut
Selain match type di atas, keywords juga dibagi menjadi beberapa tipe: general, phrase dan long tail keywords. Biasanya semakin long-tail, keywords akan semakin murah CPC nya dan semakin besar conversion ratenya. Akantetapi semakin long-tail suatu keywords biasanya semakin sedikit “search volumenya”

About the Author

Digiclass.
View all posts by: Digiclass

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

© 2015 Digital Class IDTri Converted by B