7 Skill Digital Marketing 2022 Yang Wajib Kamu Miliki

 

7 Skill Digital Marketing 2022 Yang Wajib Kamu Miliki
7 Skill Digital Marketing 2022 Yang Wajib Kamu Miliki

Hi Digiters,

Dikesempatan kali ini, saya ingin membahas apa saja sekiranya skill yang dibutuhkan oleh seorang Digital Marketing yang umum di tahun 2022 ini. Bagi kamu yang ingin berkarier di sebagai digital marketing alangkah baiknya bisa memulai dari skill yang umum ini, atau bagi kalian yang memang sudah lama menggeluti profesi ini, mungkin bisa dijadikan sebagai upgrade diri. Tulisan ini dibuat untuk menjadi menjadi pengingat bagi penulis sendiri dan menjadi nilai tambah, tanpa bermaksud untuk menggurui, mari bersama belajar, bertumbuh dan berkembang.

Digital Marketing ditahun 2022 ini pertumbuhannya meningkat dratis, bisa dibilang hampir setiap brand atau perusahaan membutuhkan posisi ini. Karena marketing konvensional ini udah meralih menjadi marketing digital (Digital Marketing). Dan hampir setiap brand/perusahan membutuhkan marketing untuk meningkatkan branding dan juga penjualan produk/jasanya. Maka dari sini kebutuhan akan seorang Digital Marketing dalam perusahan sangat dibutuhkan.

Nah jika kamu ingin berkarier di dunia digital marketing ini, berikut 7 skill yang harus kamu miliki. Setidaknya 3 dari 7 skill yang akan saya jelaskan ini.

·         Google

·         desain grafis

·         Videographer & Video Editing

·         Marketplace

·         Coding

·         Media Social

·         Advertising

Yuuk, mari kita bahas satu persatu.

1.)    Google

 

Google
Google

Kemampuan awal yang harus kamu miliki adalah google. Yap gooogle, seorang digital marketing harus bisa dan paham penggunaan best practice gooogle. Karena banyak hal yang bisa kita gali dan temukan di google. Seperti tutorial, informasi, dan semua hal yang berkaitan dengan digital marketing ada di dalam google. Advance-nya penggunan google adalah  :

Google search (Ranking web SEO)

Google analhytic (Traffic Website)

Google webmaster (SEO)

Google Trends (Sesuatu yang lagi trending)

google busines (Lokasi Brand/merk)

Google page speed (keceptan website)

Google ads (Advertising)

Google Keyword Planer (Kata kunci terkait bisnis/merk)

 

        Nah, itu yang menjadikan ggoogle wajib bagi para calon digital marketing, karena fungsinya juga sebagai fundamental harus diprioritaskan terlebih dahulu.

 

2.)    Desain Grafis

 

Desain Graafis
Desain Graafis

Skill yang banyak dibutuhkan dalam reqruitment digital marketing adalah desain grafis. Biasanya dibutuhkan ketika tim digital masih dlam lingkupm yang kecil. Karena digital marketing tidak akan jauh dengan champaign/banner/materi iklan dan sebagainya. Maka skill ini tergolong penting bagi seorang digital marketing. Karena harus berurusan degan size, pixel, ukuran dalam materi promo yang berbentuk digital. Biasanya juga ketika seorang digital marketing dibutuhkan untuk updte konten di media social, maka bisa menggunakan aplikasi popular desain grafis seperti adobe photoshop & adobe illustrator akan menjadi nilai tambah.

 

3.)    Videographer & Video Editing

 

Videographer & Video Editing
Videographer & Video Editing

Skill diurutan ketiga ini juga tergolong penting, mengingat trend sat ini dunia digital banyak menggunakan video marketing, dibanding hanya gambar yang flat. Update content di media sosialpun view dan engagementnya lebih tinggi video disbanding gambar, seperti tiktok, reel Instagram, video youtube, mteri iklan semua membutuhkan video yang menarik perhatian user atau calon customer. Terlebih jaman sekarang setiap orang ingin menjadi selebgram, influencer, youtuber. Maka bisa skill ini akan menjadi nilai++ bagi kamu.

 

4.)    Marketplace

 

marketplace
marketplace

Seiring berkembangnya jual beli banyak eccomerce dan marketplace baru yang bermunculan. Bahkan salah satu marketplace Indonesia sudah menjadi unicorn, disbanding sebuah brand megembangkan website sendiri, mereka lebih memilih menyediakan produk-produk mereka di marketplace sebagai Official Store. Karena logikanya ketimbang kamu membuka toko sendiri di tepi jalan yang harus mencari traffic sendiri, maka lebih baik kamu membuk outlet di Mall yang sudah jelas ada traffic yang relevan. Maka dari itu sat ini sangat banyak sekali brand-brand menyediakan took virtual mereka di marketplace seperti : shopee, tokopedia, blibli, Lazada, bukalapak dan lain sebagainya. Karena degan adanya took-toko di marketplace tersebut akan lebih mudah teerjangkau oleh customer kita, dan didukung oleh champaign-champaign yang ada pada marketplace itu sendiri.

 

5.)    Coding

 

coding
coding

Kenapa skill ini dibutuhkan di digital Marketing? Biasanya digital marketing tidak jauh dari website, landing page, newsletter & SEO. Nah disiinilah peran coding dibutuhkan, pertama ketika sebuah brand atau peerusahaan belum memiliki website, maka kamu bisa menggunajan skill kamu untuk membuat website, baik itu dari cms wordpres, blog, magento dan lain sebagainya. Yang kedua adalah landing page, keetika seorang advertising membuat iklan, maka membutuhkan landing page yang relevan dengan iklan teersebut, dan dibumbui dengan meta keyword, description agar bisa lebih mengoptimise iklan selain itu juga agar bisa meningkatkan SEO di ggoogle, tentu hal ini membutuhkan pengetahuan membaca coding. Selain itu juga dalam proses pengiklan dengan google ads, fb ads, google analithyc juga membutuhkan kemampuan membaca coding untuk menaruh script tersebut agar bisa terlacak. Dan yang terakhir ketika kita akan meengirim email newsletter kepada para customer, membutuhkan desain email yang tentunya menggunakan coding seperti : html cs. Itulah mengapa pengetahuan coding diperlukan dalam profesi digital marketing.

 

6.)    Media Social

 

Media sosial
Media sosial

Pengetahuan yang ini kamu pasti sudah faimliar kan? Nah di digital marketing juga sangat penting paham dan mengerti media social. Karena mereka berlomba mengejar masa dari para peselancar didunia maya, semakin brand kamu bisa memberikan konten yang bisa menjadi entertain bagi mereka. Maka produk brand kamu berkesempatan besar untuk dibeli mereka. Mak penting pula skill ini dalam dunia digital marketing, karena akan berhubungan dengan kretivitas kamu dalam membuat konten dan juga jadwal dalam pembuatan dan publish konten.

 

 

7.)    Advertising

 

advertising
advertising

Nah yang terakhir, skill yang tidak kalah pentingnya adalah advertising (pengiklan). Kamu harus mampu dan bisa menggunakan tools seperti : fb & ig, google ads (Search ads, youtube ads, display ads) dan juga ads dalam marketplace. Ini penting, karena untuk mendatangkan traffic secara instant kamu butuh iklan untuk menarik mereka kedalam program promosi yang kamu buat. Bahkan bisa dibilang digital marketing ada karena dimulai dari internet marketing ini. Dengan penggunan best practice pada tools-tools diatas, kamu bisa menargetkan champaign kamu se-spesifik mungkin, dari mulai geografi, demografi, behaviour, sampai hobby dan pekerjaanya. Dan biayanya juga bisa seminimal mungkin dengan Teknik optimise yang tepat. Yang pasti lebih murah dibandiingg iklan konvensional di billboard, tv tau lainnya. Selain itu juga reportnya detail dan terukur dengan jelas.

 

Nah itu dia, 7 skill yang wajib kamu miliki sebagai digital marketing. Setidaknya setengah dari 7 yang saya jabarkan kamu menguasainya, agar ketika ada kesempatan yang sesuai dengan kriteria kamu bis menjadi salah satu kandidat terkuatnya.

 

Wasalam (semoga bermanfaat) Tri Mulyo


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama